Kamis, 03 Mei 2012

Kisah Kakek Penjual Donat di depan Tempat Usahaku 

Setiap jam 3 sore s/d jam 6 setelah adzan magrib ada kakek tua yg duduk terpekur di depan dagangannya. Dia tepat mangkal di depan tempat usahaku, dari sekian banyak pedagang lain hanya dia seorang yg umurnya sudah senja tapi masih dengan usahanya sendiri.

Add caption

Setiap hari aku mengamati bait bait,sekian banyak orang berlalu lalang jalan pulang dr kerjaan dan melewati kakek itu jarang sekali orang orang merasa iba atau mau membeli barang dagangannya itu,dan kemarin ketika saya merasa punya sedikit rezeky saya menghampiri kakek pedagang kue donat ini meskipun saya tidak terlalu menyukai donat yg di jualnya itu. Yaaah sekedar ingin membantu dan melariskan dagangan kakek itu,saya menghampiri dan bertanya "Berapa harga 1 donatnya kek?" "seribu" jawabnya dengan suara lirih."Saya beli 5 donatnya kek" Si kakek kelihatan gembira karna saya membeli donatnya dengan jumlah banyak,tangannya kelihatan bergetar ketika membungkus donat ke dalam pelastik,sembari si kakek membungkus donatnya, saya bertanya kembali,"kek jualan dr pagi atau apa?" jwban si kakek : "dari pagi jam 6 sampe malem setelah isya" kemudian saya bertanya kembali "memang tempat tinggal kakek di mana?" jwban si kakek: " di plumpang nak" 

Add caption
Ya Allah, dengan hati yang berdebuk kencang mata saya yg sudah mulai berkaca kaca, bayangkan kira kira 5km beliau berjalan setiap harinya belum ujan dan panas yg sering beliau temui dan belum lagi orang orang jakarta yg begitu banyak kekerasan yg saya liat . Bener bener miris ketika saya mendengar jawaban terakhir kakek,jerih payah beliau,perjalanan yg ga deket,terik yg beliau lalui,keringet yg beliau tumpahkan dr tubuhnya semua itu hanya di hargai seribu rupiah belum lagi untuk bayar agen nya dan ternyata donat donat itu bukan dr buatan beliau tp ada agen yg menjadikan beliau perantara. 

Setelah selesai saya bayar 5000 untuk 5 bungkus donat, saya kembali lagi ke tempat usaha saya, tidak lupa saya menyelipkan sedikit uang untuk tambahan makan beliau dan keluarganya. Si kakek menerima uang dengan tangan yang terus bergetar sambil mengucapkan terimakasih dengan suara yang hampir menangis. Dan saya pun bergegas cepat cepat karna sudah tidak tahan menahan luruhnya air mata ini. Sambil duduk di kursi saya membayangkan ketika orang tua saya sudah tak mampu,ketika orang tua saya masih mengais rezeky demi anak dan cucunya. Kemudian saya teringat kata kata ibu saya, " Ada seorang bapak tua,yg rela tidak makan,agar anak dan istrinya bisa makan bersamaan,dan beliau bicara:"bapak tadi sudah makan di luar,makanan ini untuk kalian" yg sebenarnya bapak itu sedang menahan kelaparan" " ..
Add caption
Si kakek ini lah salah satu contohnya, bagaimanapun keadaan orang tua kita nanti. Berusahalah kalian, untuk mencari rezeky sendiri demi beliau,biarkan orang tua kalian menikmati masa senjanya masa di mana mereka menikmati kedamaian,peristirahatan serta tanda tawa beliau .. "Semoga dengan adanya ini bisa bermanfaat" Terimakasih .. :)




1 komentar:

  1. Mudah mudahan eneng diberikan rejeki berlimpah biar bisa bantu sang kakek.

    BalasHapus